Minggu, 27 Maret 2016

Tugas 4; Perumusan Kekuatan dan Kelemahan PT SIDOMUNCUL

TUGAS KE 4 
TABEL RENCANA OPERASIONAL PT. SIDOMUNCUL





AKTIFITAS UTAMA (PRIMARY ACTIVITY)
Ø Aktivitas logistik kedalam 
Menerima,menyimpan,mengelola dan mengontrol persediaan bahan baku,pengangkutan dan pengembaliannya pada pemasok.

Ø Aktivitas operasi.
merubah bahan baku menjadi produk akhir.

Ø Aktivitas logistik keluar 
mengangkut dan menyimpan produk akhir serta mengatur jadwal pemesanan dan pengangkutan.

Ø Aktivitas pemasaran dan penjualan 
Ø Aktivitas jasa (service)
Ø pelayanan,service,layanan purna jual dll

AKTIFITAS PENDUKUNG (SUPPORTING ACTIVITY)
Ø  Aktivitas pembelian (Procurement)
Pembelian bahan-bahan baku dan peralatan pendukung termasuk asset perusahaan.

Ø Aktivitas pengembangan teknologi 
menyediakan kebutuhan akan teknologi,prosedur dan teknik terbaru yang dibutuhkan oleh tiap  Aktivitas.

Ø Aktivitas sumber daya manusia 
penseleksian,promosi jabatan, penempatan,penilaian,penghargaan dan pengembangan 

Ø Aktivitas infrastruktur perusahaan 
mengelola perencanaan,keuangan,manajemen,hukum

Michael Porter telah mengidentifikasi lima kekuatan, dan lima kekuatan tersebut adalah para pesaing industri, calon pendatang, substitusi, pembeli dan pemasok. Adapun lima ancaman yang ditimbulkan kekuatan tersebut adalah ancaman persaingan segmen yang ketat, ancaman pendatang baru, ancaman produk substitusi, ancaman peningkatan kemampuan/kekuatan posisi tawar pemasok.     

1) Ancaman persaingan segmen yang ketat     2) Segmen tertentu menjadi tidak menarik jika ia telah memiliki pesaing yang banyak,  kuat, atau agresif.   
3) Ancaman pendatang baru
4) Daya tarik segmen berbeda-beda menurut tingginya hambatan untuk masuk dan   keluarnya.         
5) Ancaman produk substitusi   
6) Segmen tertentu menjadi tidak menarik jika terdapat substitusi produk yang aktual atau potensial. 7) Ancaman peningkatan kekuatan posisi tawar pembeli         8) Segmen tertentu menjadi tidak menarik jika pembeli memiliki kekuatan posisi tawar (Bargaining power) yang kuat atau semakin meningkat.
9) Ancaman peningkatan kekuatan posisi tawar pemasok        
Segmen tertentu menjadi tidak menarik jika para pemasok perusahaan mampu menaikkan harga atau mengurangi kuantitas yang mereka pasok.

B.  Pembahasan
1.   Pesaing-pesaing dari PT. SIDOMUNCUL      

Persaingan memang ada di mana saja, sejak kita di bangku sekolah, kita bersaing untuk menjadi juara kelas.Dalam setiap perlombaan/kompetisi kita bersaing untuk menjadi pemenangnya. Begitu juga halnya di dunia bisnis, seluruh perusahaan akan bersaing untuk berhasil menguasai pasar produk yang dijualnya. Untuk memenangkan persaingan kita akan mengerahkan segenap kemampuan dan sumber daya yang kita miliki untuk “berperang” habis habisan agar bisa memenangkan persaingan. Agar menjadi juara kelas kita akan belajar keras agar bisa menjadi juara kelas, untuk memenangkan perlombaan kita harus rajin latihan keras. Didunia bisnis kita harus menerapkan strategi yang jitu agar bisa menjadi pemenangnya.   

Saya mau tanya (dan tentu dijawab dengan jujur), bagaimana rasanya ketika pertama kali Anda tahu bahwa produk yang Anda jual ternyata produk sejenis dijual juga oleh perusahaan lain? Tentu kita terkejut dan terus terang deh, seketika itu juga pasti muncul perasaan was-was di hati kita kan?, karena kita “takut” omset penjualan produk kita bakal menurun. 

Tapi jelas itu hanya emosi sesaat, setelah kita merenung sebentar dan “cooling down” selanjutnya “akal sehat” kita langsung bekerja. Kemudian kita akan berfikir bahwa kita harus menyadari kenyataan tersebut, dan harus realistis bahwa kita harus menghadapi persaingan tersebut dengan “gentleman”. Biasanya kita akan mengadakan studi kecil untuk mengetahui karakteristik produk pesaing, seperti : kelebihan dan kekurangannya, harga, pola pemasarannya, dan karakteristik penting lainnya. Dari sana kita dapat membuat semacam matrik perbandingan atau yang sering dinamakan benchmarking antara produk kita dengan produk pesaing. Kemudian hasil matrik tersebut dapat kita jadikan untuk mengambil beberapa keputusan penting tentang bagaimana caranya agar bisa “mengalahkan” produk pesaing tersebut.     

Sebenarnya bagi saya di sinilah letak serunya persaingan bisnis sesungguhnya, di mana layaknya suatu perusahaan dapat dinilai dengan berbagai cara yang dilakukannya, seperti arena pertandingan, yang mana mereka harus sekuat tenaga mengalahkan musuh, maka kita akan menggunakan berbagai jurus-jurus “sakti dan pamungkas” agar bisa segera “menjatuhkan” lawan. Dalam konteks ini, salah sedikit saja dalam mengambil keputusan bisnis, bisa berakibat merosotnya penjualan produk kita dibanding produk kompetitor, begitu juga sebaliknya. Situasi seperti inilah yang menjadi indikator bisnis kita menang atau kalah dalam persaingan tersebut. 
Pesaing PT. SODOMUNCUL antara lain:
a. Dari lini produk jamu
    Bintangin 
    Bintangin adalah produk jamu yag dipasarkan oleh PT. Bintang Toedjoe.
b. Darii lini produk suplemen
    Extra Joss
    Extra Joss adalah produk minuman energi yang dipasarkan oleh PT Bintang Toedjoe.

2. Strategi bersaing yang dilakukan PT. SIDOMUNCUL

Pokok perumusan strategi bersaing adalah menghubungkan perusahaan dengan lingkungannya. Walaupun lingkungan yang relevan sangat luas meliputi, kekuatan-kekuatan sosial sebagaimana juga kekuatan-kekuatan ekonomi, aspek utama dari lingkungan perusahaan adalah industri atau industri-industri dalam mana perusahaan tersebut bersaing. Struktur industri mempunyai pengaruh yang kuat dalam menentukan aturan permainan persaingan selain juga strategi-strategi yang secara potensial tersedia bagi perusahaan. 

Persaingan sangat penting bagi keberhasilan atau kegagalan perusahaan.Persaingan menentukan kegiatan yang perlu bagi perusahaanuntuk berprestasi, seperti inovasi, budaya yang kohesif, atau implementesi yang baik.

Strategi bersaing merupakan upaya mencari posisi bersaing yang menguntungkan dalam suatu industri, arena fundamental di mana persaingan belangsung.Strategi bersaing bertujuan membina posisi yang menguntungkan dan kuat dalam melawan kekuatan yang menentukan persaingan dalam industri.  

Strategi dalam menghadapi persaingan ini,perusahaan jeli dalam menganalisis pesaing-pesaingnya,dan mencari titik kelmahannya, darihal tersebut perusahaan mempunyai strategi yaitu dengan mendekatkan diri pada keinginan konsumen. Itu hal yang bisa mengalahkan para pesaingnya. 

Strategi tingkat bisnis yang dilakukan oleh perusahaan untuk tercapainya competitive advantage adalah dengan cara melakukan differentiation strategy, yaitu melalui customer responsiveness  (kemampuan reaksi pelanggan yang superior.

Strategi marketing mix yang telah dilakukan oleh perusahaan antara lain:     
a) Untuk strategi produk, perusahaan memberikan produk yang bervariasi dan berkualitas.
b) Untuk strategi harga, perusahaan menggunakan premium strategy (harga yang bisa di jangkau oleh konsumen).      
c) Untuk strategi tempat, perusahaan melakukan penjualan secara langsung dan melalui agen, baik besar maupun kecil. 
d) Untuk strategi promosi, perusahaan melakukan promosi yang mengarah pada kegiatan-kegiatan seperti promosi pada acara konser
musik, yang membuat merek dari prodak tersebut lebih terkenal (above the line) dan kegiatan-
kegiatan social seperti progam beasiswa pendidikan, progam bakti lingkungan dan olah raga (below the line).

ANALISIS IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DALAM SUPPLY CHAIN PADA PT. SIDOMUNCUL 

Berdasarkan dari hasil penelitian mengenai implementasi CSR dalam supply chain yang dilakukan di PT SidoMuncul Kecamatan Bawen Jawa Tengah maka dapat ditarik simpulan sebagai berikut:

Pengimplementasian CSR dalam supply chain pada PT SidoMuncul telah diterapkan dengan baik jika dilihat dari teori Prince of Wales International Bussiness Forum baik dalam kegiatan produksi, pemilihan pemasok, hubungan dengan karyawan, pengolahan limbah, kegiatan R&D, dan hubungan dengan konsumen.

Implementasi ini antara lain adanya kegiatan produksi yang baik yang ditunjukkan dengan sertifikat CPOB dan CPOTB dari Balai POM, pelaksanaan audit pemasok oleh perusahaan, pelaksanaan pendidikan dan pelatihan bagi para karyawan, pemberian gaji dan tunjangan yang sesuai, pengolahan limbah perusahaan yang lebih baik, dan tanggung jawab perusahaan kepada konsumen dengan memproduksi produk yang baik, higienis dan sertifikasi Balai POM. 

Akan tetapi, jika dilihat berdasarkan teori Ernst and Young, pengimplementasian CSR dalam supply chain PT SidoMuncul memiliki beberapa kekurangan dalam melakukan pelaporan kegiatan CSR yang dapat dipublikasikan, code of conduct dalam penilaian kegiatan CSR, kesepakatan para stakeholder, dan kegiatan bagi para pemegang saham karena perusahaan bukan merupakan perusahaan Tbk.

Perusahaan juga kurang mengimplementasikan code of conduct dalam melakukan audit pemasok untuk mencapai sustainability supply chain. Code of conduct yang dimaksud antara lain pemilihan pemasok yang juga memperhatikan isu-isu sosial dengan melakukan pemberdayaan masyarakat, memperhatikan lingkungan kerja karyawan, memberikan hak-hak karyawan yang sesuai, dan memperhatikan kelestarian lingkungan alam.

Terkait dengan sistem pelaporan implementasi CSR dalam supply chain, perusahaan tidak memiliki suatu bagian khusus yang menangani CSR sehingga pelaporan perusahaan juga dinilai masih sangat kurang untuk hal ini.

Perusahaan tidak memiliki laporan CSR tersendiri yang dapat dipublikasikan kepada umum, laporan hanya diberikan kepada manajemen dan dinas sosial saja sebagai laporan pertanggungjawaban atas suatu kegiatan. Contohnya, dalam pelaksanaan pendidikan dan pelatihan karyawan maka bagian personalia yang harus membuat laporan yang kemudian diberikan kepada direksi sebagai pertanggung jawaban.

Implementasi CSR dalam supply chain perusahaan memberikan value added antara lain peningkatan kualitas dan kinerja karyawan, peningkatan kepercayaan masyarakat atau konsumen dalam mengkonsumsi produk sehingga adanya peningkatan penjualan dari waktu ke waktu, keselarasan hubungan yang terjalin dengan masyarakat sekitar dalam menjalankan kegiatan produksi, kualitas bahan baku yang tetap terjaga, meningkatkan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan produk yang lebih bervariatif sehingga mempertahankan posisi perusahaan dalam pasar yang semakin bersaing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar