Tugas Management Strategik
Strategi :
Strategi adalah suatu rencana yang diutamakan untuk mencapai tujuan perusahaan. Beberapa perusahaan mungkin mempunyai tujuan yang sama tetapi strategi yang dipakai untuk mencapai tujuan tersebut dapat berbeda. Strategi dibuat berdasarkan suatu tujuan.
Taktik :
Taktik adalah tahap-tahap atau langkah-langkah tertentu yang dipakai untuk melaksanakan strategi. Jika manajemen sudah merumuskan tujuan dan strateginya, maka ia berada dalam posisi untuk menentukan taktik.
Ada perbedaan yang paling mendasar antara taktik dan strategi, yaitu :
Strategi adalah suatu rencana yang diutamakan untuk mencapai tujuan perusahaan. Beberapa perusahaan mungkin mempunyai tujuan yang sama tetapi strategi yang dipakai untuk mencapai tujuan tersebut dapat berbeda. Strategi dibuat berdasarkan suatu tujuan.
Taktik :
Taktik adalah tahap-tahap atau langkah-langkah tertentu yang dipakai untuk melaksanakan strategi. Jika manajemen sudah merumuskan tujuan dan strateginya, maka ia berada dalam posisi untuk menentukan taktik.
Ada perbedaan yang paling mendasar antara taktik dan strategi, yaitu :
- Strategi
mempunyai ruang lingkup yang lebih luas dibandingkan dengan taktik
- Strategi
pemasaran memerlukan keputusan dari manajemen tentang elemen-elemen
marketing mix perusahaan, sedangkan taktik merupakan program tertentu
untuk jangka pendek.
- Strategi
bersifat permanen sehingga sulit dan memakan biaya besar jika diadakan
perubahan, sedangkan taktik dapat diubah dengan mudah.
Contoh :
Produsen obat tradisional (jamu), menggunakan:
Strategi untuk memenuhi keinginan masyarakat akan obat yang berkhasiat tinggi.
Taktik berupa penawaran harga yang murah, dalah jumlah pembelian tertentu akan mendapatkan kalender, dll
Produsen obat tradisional (jamu), menggunakan:
Strategi untuk memenuhi keinginan masyarakat akan obat yang berkhasiat tinggi.
Taktik berupa penawaran harga yang murah, dalah jumlah pembelian tertentu akan mendapatkan kalender, dll
PT. SIDO MUNCUL
RIWAYAT PT. SIDO MUNCUL
PT. SidoMuncul bermula dari sebuah industri rumah tangga pada tahun 1940,
dikelola oleh Ibu Rahkmat Sulistio di Yogyakarta, dan dibantu oleh tiga orang
karyawan. Banyaknya permintaan terhadap kemasan jamu yang lebih praktis,
mendorong beliau memproduksi jamu dalam bentuk yang praktis (serbuk), seiring
dengan kepindahan beliau ke Semarang , maka pada tahun 1951 didirikan perusahan
sederhana dengan nama SidoMuncul yang berarti "Impian yang terwujud"
dengan lokasi di Jl. Mlaten Trenggulun. Dengan produk pertama dan andalan, Jamu
Tolak Angin, produk jamu buatan Ibu Rakhmat mulai mendapat tempat di hati
masyarakat sekitar dan permintaannyapun selalu meningkat.
Dalam perkembangannya, pabrik yang terletak di Jl.
Mlaten Trenggulun ternyata tidak mampu lagi memenuhi kapasitas produksi yang
besar akibat permintaan pasar yang terus meningkat, dan di tahun 1984 pabrik
dipindahkan ke Lingkungan Industri Kecil di Jl. Kaligawe, Semarang.
Secara pasti PT. SidoMuncul bertekad untuk mengembangkan usaha di bidang jamu
yang benar dan baik. Tekad ini membuat perusahaan menjadi lebih berkonsentrasi
dan inovatif. Disamping itu diikuti dengan pemilihan serta penggunaan bahan
baku yang benar, baik mengenai jenis, jumlah maupun kualitasnya akan
menghasilkan jamu yang baik.
Untuk mewujudkan tekad tersebut, semua rencana
pengeluaran produk baru selalu didahului oleh studi literatur maupun penelitian
yang intensif, menyangkut keamanan, khasiat maupun sampling pasar. Untuk
memberikan jaminan kualitas, setiap langkah produksi mulai dari barang datang ,
hingga produk sampai ke pasaran, dilakukan dibawah pengawasan mutu yang ketat.
Seluruh karyawan juga bertekad untuk mengadakan
perbaikan setiap saat, sehingga diharapkan semua yang dilakukan dapat lebih
baik dari sebelumnya.
STRATEGI PEMASARAN PT SIDO MUNCUL
Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat dan
tingkat pendidikan yang semakin maju maka banyak bermunculan tenaga ahli dalam
berbagai bidang disiplin ilmu, SPRH, Biologi, Ekonomi, Farmasi, Pertanian,
Hukum Teknoogi Pangan, Teknik kimia, Teknik Elektro dan lain-lain.
Kami memilih judul “Strategi Pemasaran di Perusahaan
Jamu Sido Muncul” untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT
Sido Muncul dalam menghadapi persaingan dengan perusahaan jamuy dan farmasi
lainnya.
Dengan produk pertama dan andalan adalah jamu Tolak
Angin produk Ny. Rahmat mulai mendapat tempat di hati masyarakat.
Dalam perkembangannya, pabrik ini tidak mampu lagi
memenuhi kapasitas produksi yang besar akibat permintaan pasar yang terus
meningkat dan guna mengakomodasi permintaan pasar pabrik mulai dilengkapi
dengan mesin-mesin modern
Untuk mengantisipasi di masa mendatang dirasa perlu
untuk membantu pabrik yang lebih besar dan modern. Maka, pada tahun 1997
dimulai pembangunan pabrik baru di Klepu, Ungaran.
Pabrik baru tersebut diresmikan oleh Menteri Kesehatan
dan Kesejahteraan Indonesia pada 11 November 2000.
Saat di resmikan, Sido Muncul mendapat dua sertifikat,
yaitu cara Pembuatan Obat Tradisional (CPOT) dan cara pembuatan obat yang baik
(CPOB) setara dengan farmasi. Sertifikat inilah yang menjadikan Sido Muncul
sebagai satu-satunya pabrik jamu yang berstandar farmasi.
VISI DAN MISI PT. SIDO MUNCUL
VISI
·
Menjadi industri jamu yang dapat
memberikan manfaat pada masyarakat dan lingkungan
MISI
·
Meningkatkan mutu pelayanan dibidang
herbal tradisional Mengembangkan research,penelitian yang berhubungan dengan
pengembangan pengobatan dengan bahan-bahan alami.
·
Meningkatkan kesaedaran masyarakat
akan pentingnya membina kesehatan melalui pola hidup sehat, pemakaian
bahan-bahan alami dan pengobatan secara tradisional.
·
Ikut mendorong pemerintah/instansi
resmi agar lebih berperan dalam pengembangan pengobatan tradisional.
ANALISIS SWOT PT. SIDO MUNCUL
a. Strength / kekuatan
1. SDM yang handal
PT Sidomuncul di dukung lebih dari 2000 karyawan
dengan tingkat pendidikan yang bervariasi dan ditempatkan sesuai dengan
keahliannya serta Sido Muncul juga memiliki tenaga ahli juga memiliki tenaga
ahli dari berbagai disiplin ilmu.
2. Fasilitas pabrik yang lengkap
Dengan standar pabrik CPOB (Standar Pabrik Farmasi)
maka Sido Muncul memiliki berbagai fasilitas guna mendukung produksi.
3. Merupakan perusahaan jamu terbesar di Indonesia
Sido Muncul merupakan pabrik jamu terbesar yang ada di
Indonesia dan merupakan pionir bagi pabrik jamu lainnya.
4. Distribusi tersebr di seluruh wilayah Indonesia
Sido muncul berhasil menarik pelanggan di seluruh
wilayah di Indonesia, baik daerah perkotaan maupun pedesaan maka dari itu
distribusi produk Sido Muncul juga menyeluruh hingga ke seluruh wilayah
Indonesia.
5. Produk terjangkau
Harga dari produk PT Sido Muncul sangat terjangkau
pada seluruh lapisan masyarakat.
b. Weakness / kelemahan
1. Beberapa tahun lalu bintang iklan PT Sido Muncul
menggunaka Sophia Latjuba yang kemudian terjaddi masalah pribadi (antara Sophia
Latjuba dan kekasihnya yang berasal dari Amerika) sehingga menyebabkan iklan
itu jarang muncul di TV tetapi sudah diselesaikan dengan menggunakan bintang
iklan yang baru
2. PT Sido Muncul belum mempunyai alat untuk
mengeringkan bahan baku sehingga hanya mengandalkan cara tradisional (matahari)
sehingga pada musim hujan pengeringan tidak sempurna. Untuk mengatasi masalah
tersebut PT Sido Muncul mengambil bahan baku dari pengumpul.
c. Opportunity / peluang
1)Teknologi
Diera modern ini dibutuhkan peralatan/teknologi yang
canggih untuk mendukung proses kerja yang dituntut serba cepat dan higienis
karena PT Sido Muncul yang merupakan pabrik berstandar pabrik farmasi memiliki
fasilitas laboratorium, pengolahan air bersih, pengolahan air limbah.
2) Selera masyarakat
Perubahan gaya hidup serba instant membuat masyarakat
kembali kepada produk-produk herbal (obat-obatan tradisional), karena dirasa
produk-produk herbal dapat memberikan banyak manfaat dan tidak menimbulkan efek
samping. Hal ini sejalan dengan misi PT Sido Muncul
3) Menjadi sponsor dalam berbagai promosi kesehatan
Dengan menjadi salah sati sponsopr dalam berbagai
kegiatan promosi kesehatan dapat membentuk suatu image yang bagus.


d. Threatment / ancaman
1) Pesaing
(a) Karena kini slera masyarakat banyak yang beralih
kepada obat-obat tradisional, menyebabkan permintaan akan produk-produk herbal
terus meningkat, sehingga PT Sido Muncul yang merupakan perusahaan jamu pertama
kali di Indonesia menjadi besar dan berkembang dan tidak heran jika saat ini
banyak pesaing-pesaing yang mencoba mendirikan perusahaan obat tradisional dan
tidak tanggung-tanggung mencoba untuk menjatuhkan image produk Sido Muncul
dengan cara “Memlesetkan” salah satu iklan dari PT Sido Muncul.
(b) Jamu-jamu bahan kimia obat (BKO) yang merebak di
Indonesia saat ini (ex : Koperasi perusahaan jamu BKO di Cilacap) menjadi
sebuah persaingan yang tidak sehat di industri jamu, perusahaan-perusahaan
tersebut hanya mencari keuntungan semata, dan tidak memikirkan bahayanya
terhadap konsumen.
2) Krisis ekonomi
Ditengah krisis ekonomi saat ini menyebabkan kondisi
bahan-bahan baku produk tidak stabil, pembiayaan proses produksi, distribusi
dan lain-lain menjadi semakin mahal, karenanya dibutuhkan solusi yang tepat
bagi PT Sido Muncul untuk menyiasati kondisi seperti ini.
Diagram SWOT
Strategi Umum
Diagram Strategi

Diagram SWOT
Pada kuadran I ( S O Strategi ) strategi umum yang dapat
dilakukan oleh perusahaan adalah menggunakan kekuatan perusahaan untuk
mengambil setiap keunggulan pada kesempatan
Pengembangan Produk (Product Development)
Meningkatkan penjualan dengan cara
memperbaiki atau mengembangkan produk-produk yang sudah ada
Strategi yang
digunakan:
a. Peluncuran produk baru yaitu “TOLAK LINU”
b. Dibanding dengan produk pesaing “TOLAK LINU” diklaim dapat membantu
meredakan pegel linu, nyeri sendi, dan melancarkan aliran darah dalam tubuh
c. Perusahaan memiliki kemampuan
riset yaitu sebagai salah satu obat herbal instan dalam bentuk cair sehingga
mudah untuk di konsumsi
Kaitannya dengan
kuadran (SO Strategi)
Inovasi produk lain
hanya bersifat incremental, terbuka kesempatan untuk pengembangan produk,
ditangkap dengan kapasitas produksi terbesar yang di implementasikan dengan
adanya produk baru yang memiliki manfaat lebih dengan terobosan temuan terbaru,
sehingga produk pesaing hanya sebatas meniru dan mencontoh produk dari
sidomuncul saja
Pada kuadran II ( W O Strategi ) perusahaan dapat membuat
keunggulan pada kesempatan sebagi acuan untuk memfokuskan kegiatan dengan
menghindari kelemahan.
Pengembangan Pasar (Market Development)
Memperkenalkan
produk-produk yang sudah ada kedaerah pemasaran yang baru (pangsa pasar
bertambah).
Strategi yang
digunakan:
a. Target pasar dari kalangan model, artis, akademis, mahasiswa, anak muda,
etnis tionghoa, orang-orang yang berprestasi di bidangnya. Pengusaha ataupun
karyawan kantor dengan memposisikan produk yang simple dan praktis dimana
konsumennya adalah orang yang menyukai jamu bukan karena alasan rasa dan
ritualnya, tetapi manfaatnya
b. Membuat kemasan dengan memiliki ciri khas tertentu agar tidak tertukar
dengan produk pesaing
c. Memperbanyak volume iklan di media elektronik, dan media cetak bukan
hanya market share namun juga customer awareness dan customer loyalty, melalui
media sosial
Kaitannya dengan
kuadran II (WO Strategi)
Dengan menanamkan
produk dibenak konsumen dengan membuat kemasan yang mempunyai ciri khas
tersendiri akan menambah dan memperbanyak customer awareness dan customer
loyalty melalui social media akan membantu pemahaman tentang produk
Pada kuadran III ( S T Strategi ) Menjadikan setiap
kekuatan untuk menghadapi setiap ancaman dengan menciptakan diversifikasi untuk
menciptakan peluang
Penetrasi Pasar (Market Penetration)
Meningkatkan pangsa pasar yang ada untuk
produk tertentu melalui usaha pemasaran secara besar-besaran
Strategi yang
digunakan:
a. Dengan melalui berbagai event-event para SPG/ SPB di berbagai target
pasar potensial seperti mall, tempat hiburan, bioskop, dan tempat pariwisata
serta dan lain-lain
b. Edukasi yang dilakukan pada lini pemasaran lain, sepeti melalui
publikasi, konferensi pers, adventorial,
kegiatan below the line, termasuk menciptakan digital marketing melalui
media social dan website
c. Melakukan advertising PT SIDOMUNCUL, salah satu perusahaan yang berkarya
dan mencintai Indonesia yang mengedepankan dan mempopulerkan tema budaya suatu
daerah di ndonesia
Kaitannya dengan
kuadran III (ST Strategi)
Penyelenggaraan
event-event oleh SPG/ SPB di tempat-tempat target pasar yang aman potensial,
sekali demikian pula dengan edukasi diberbagai lini dalam pemasaran akan dapat
dengan mudah peluang untuk menembus pasar global dengan advertising tema budaya
suatu daerah di indonesia
Pada kuadran IV ( W T Strategi ) Meminimumkan segala
kelemahan untuk menghadapi setiap ancaman
Integrasi kedepan
Mendapatkan kepemilikan atau meningkatkan kontrol atas
penjalur atau penjual eceran
Strategi yang
digunakan:
a. Menjadi pelopor utama obat herbal dan tetap menjadi top brand market
leader di Indonesia, walupun saat ini bermunculan berbagai produk serupa
seperti bintangin
b. Sidomuncul memperkenalkan kembali dengan konsep kunjungan pabrik
terbarunya melalui edutaintment sebagai inovatif dan interaktif bagi masyarakat
c. Pengunjung dapat mengetahui informasi standart mutu secara langsung
melalui laboratorium yang terdapat dilingkungan pabrik
d. Merangkul pedagang jamu gendong, gerobak jamu keliling, toko jamu, dan
apotik, serta pedagang asongan dan sebagainya untuk menjual produk sidomuncul
Kaitannya dengan
kuadran IV (WT Strategi)
Memperbaiki pemahaman
produk dari distribusi tradisional chanel untuk meminimalisir konsumen yang
makin selektif sehingga PT SIDOMUNCUL mengadakan konsep kunjungan pabrik
terbarunya dengan konsep edutaintment untuk tetap menjadi top brand market
leader di Indonesia, meskipun sekarang sudah bermunculan produk serupa
STRATEGI BERSAING
(DIFFERENSIASI)
— Meluncurkan diferensiasi produk baru yaitu TOLAK LINU,
dengan spesifikasi produk sbb :
— Tolak Linu adalah minuman jamu (obat herbal) dalam
bentuk cair yang dikemas dalam bentuk sachet
— Kandungan ekstrak yang ada di dalamnya:
Ø Languatis Rhizoma
Ø Zingi beris aromaticae rhizome
Ø Retrofracti fructus
Ø Curcumae rhizome
Ø Dan lain-lain
— Manfaat Tolak Linu
Untuk membantu meredakan pegal linu dan nyeri sendi serta melancarkan
aliran peredaran darah dalam tubuh
Strategi Umum
Diagram Strategi
![]() |
Add caption |
Pembuatan grafik dan diagram dimaksudkan hanya untuk ilustrasi cara mereview menganalisis dari tugas mata kuliah Management Strategi.
BalasHapus